Link pages

Words

Never let anyone make you feel like you can't do something or you're not worth it, coz you're worth it and YOU CAN DO IT!!!

1 April 2010

Australian Visa

Huaahhh... Akhirnya setelah menunggu dan deg deg-an selama hampir 6 hari, akhirnya keluar juga, VISA AUSTRALIA ku. =) *big smile a.k.a nyengir kuda*

Proses-nya bisa dibilang termaksud cepet. Cuma karena kemarin kena hari sabtu-minggu, jadi agak kepotong lama. Prosedur resminya sendiri u/ visa turis, kira-kira 5 hari kerja. Dan u/ pengajuannya sendiri bisa dibilang sangat mudah, profesional, dan tidak seseram yang orang2 ceritakan. (Walaupun sempet kemakan gossip jg ;p)

But anyway, mau sekedar share aja sedikit. Bbrp hal yang perlu dipersiapkan u/ apply Visa Australia. Syarat - syaratnya :
1. Paspor asli yang masih berlaku. (Ingat ada batas 6 bulan dr tanggal keberangkatan)
2. Copy KK.
3. Copy KTP.
4. Surat Sponsor dari kantor/kuliah. (ASLI + di TTD + di CAP)
--> Intinya surat tersebut menerangkan, kalau kita benar bekerja diperusahaan tsb dan akan kembali lagi ke Jkt
5. Surat Sponsor dari keluarga/teman yang berdomisili di AUS. (ASLI+di TTD)
--> Just in Case mereka mau sponsor-in kita.
6. Copy Rekening 3 bulan terakhir, including cover depan yang menunjukkan kepemilikan rek.
--> U/ isu - isu jumlah saldo, pada dasarnya Pemerintah Australia, hanya memperhitungkan kira2 kita bisa ngga membiayai pengeluaran kita selama di Australia, dan membeli tiket.
Mereka juga menilai dari transaksi2 kita selama 3 bulan tersebut, flow keluar masuknya bagaimana, aktif/tidak rekening tersebut.
7. Pas Foto 4 x 6 (1 lembar)
--> Kemarin ini sempat foto byk banget, gara2 orang tour bilang butuh 6 lbr. Pdhal aslinya cm butuh 1 lbr.
8. Copy Credit Card + bukti limit.
--> Ini ngga harus sih.. Cuma kalo memang punya bisa jg dilampirkan.
9. Formulir Pengajuan Visa yang bisa di download di Internet atau ambil di tempat pangajuan visa.
10. Biaya Aplikasi.

Nah... setelah semua dokumen siap. Tinggal mempersiapkan diri deh.. Hahaha soalnya biasa pasti jadi deg deg-an, takut takut ngga diterima. Basicly kuncinya adalah jujur pada saat mengisi Formulir aplikasi. Kalau kita baru pertama kali berkunjung, baiknya ajukan visa yang u/ 3 months.

Untuk pengajuannya sendiri, kemarin Kamis aku datang ke Plaza ABDA atau Plaza Asia lt. 22 (Pas sebrang FX, sederetan sama Plaza Bapindo, sebelum bunderan Senayan.) Itu memang bukan embassy Australia. Tapi itu merupakan badan resmi yang disediakan khusus u/ membantu pengurusan Visa.

Nama Kantornya AVAC. Begitu sampe di Plaza Asia, ketemu pak satpam dan lapor kalau mau naik ke lt. 22 u/ pengurusan Visa. Biasanya disuruh tinggalin id card (SIM/KTP). Kalau mau tinggalin KTP, make sure udah fotocopy KTPnya ya.. Biar ngga bolak/ik kebawah.

Begitu sampai ke lt. 22, disambut sama satpam wanita yang ramah bgt, (Kebetulan sy naik dr lift barang, karena parkir di basement) Nanti bisa tanya sama mbak satpam, AVAC di mana? Di lt. 22 sendiri ada 4 tempat u/ pengurusan Visa ke 4 negara berbeda. Yang pertama ke Australia, kemudian UK, Canada dan terakhir Dubai.

Setelah sampai di AVAC, akan dibantu sama mbak satpam lagi, setelah sembelumnya di periksa dulu sama mas satpam yang jaga di depan. Mbak satpam itu akan tanya, mau ngapain? Maksudnya mau ngapain disini adalah, mau ambil Passport, mau apply visa (Turis, bisnis, pengobatan, migrasi atau student), dll.

Perlu diperhatikan u/ pengajuan Visa, ada jam2nya. Kalau ngga salah, u/ pengajuan dari jam 8.30 - jam 4. U/ pengambilan passport, baru dibuka u/ pribadi (bukan travel), mulai dari jam 2 - 4 sore.

Kalau belum download formulir, bisa minta sama mbak satpam. Dan langsung diisi secara detail dan akurat. Begitu selesai isi, baru dikasih nomor antrian. Ada baiknya sih, isi di rumah, download dari Internet. Jadi bisa menghemat waktu dan bisa langsung ngantri.

Begitu nomor dipanggil, kita akan diminta untuk nempelin pas foto yang kita bawa. Trus dia akan periksa berkas2 kita. Lalu kita akan sedikit ditanya2 dan diminta u/ ttd tanda terima dokumen.

Untuk pembayaran, biaya yang dikenakan u/ 1x pengajuan visa adalah: Rp. 950.000,- Biaya admin AVAC: Rp. 160.000,- Kalau kita mau byr pakai debit/cc, kita bakalan dikenain biaya tambahan 3%.Atau kalau passport kita mau diantar kurir dan menerima pemberitahuan passport sudah bisa diambil melalui SMS, akan dikenakan biaya tambahan.
Kemarin kebetulan sy ngga bawa uang cash. Jadi mau ngga mau musti pakai debit, kena 3%, so biaya yang dikenakan jadi Rp. 1.143.300,- (tanpa biaya kurir/sms)
Masih lebih murah dibanding biaya yang dikenakan kalau kita melakukan pengajuan lewat Travel.

Setelah bayar, kita akan diberikan kwitansi pembayaran yang terdapat nomor referensi kita. Kwitansi ini jangan sampai hilang, karena u/ pengambilan pun, kita harus pakai kwitansi tersebut. Dan kita juga dapat 1 lembar penjelasan mengenai cara melacak/mengetahui passport kita sudah bisa diambil/belum yang bisa kita lihat dan lacak melalui Internet. www.vfs-au-id.com

Sejujurnya proses pengajuan ini, bener - bener simple dan muda banget. Ngga sesusah yang orang ngomong. Waktu itu pas persiapan, sempet ditakut2in sama orang travel. Yang bilang ini lah.. Itu lah.. Setelah di cek, ternyata ngga seserem dan sesulit itu kok. =)

Semua informasi pengajuan aplikasi VISA bisa dilihat di Internet. Begitu juga dengan Formulirnya.

Ini beberapa website-nya: www.vfs-au-id.com
www.immi.gov.au

Call center AVAC : 021 - 514 01 590/91
Alamat AVAC : Plaza Asia/Plaza Abda, Jl. Jend. Sudirman kav. 59. Lantai 22.
Jam kerja : Monday - Friday. Submission time : 8.30 AM - 4 PM. Collention time : 2 PM - 4 PM

Waktu Proses :
* Visa Turis -- 5 hari kerja
* Visa Bisnis -- 3 hari kerja
* Visa Medical treatment -- 3 hari kerja
* Visa Transit -- 3 hari kerja
* Visa Student -- 14 hari kerja
* Visa u/ Temporary residnet -- 10 hari kerja
* Visa MIgrasi -- 3 - 5 bulan

U/ syarat dan ketentuan serta biaya pengajuan masing2 visa juga berbeda. U/ infonya juga bisa browsing di Internet. =)

Okay hopefuly pengalaman apply Visa Australia ini bisa membantu teman2 yang mungkin sedang mau mengajukan visa. Pokoknya jangan takut untuk mengajukan. Dan jangan takut u/ mencoba apply sendiri, karena selain bisa hemat biaya, bisa hemat waktu juga. =)

==========================================================================================================

YAY... sayanggg... kita bakalan ketemu bulan Juli. HEhehe can't wait lohh... Sorry ya, tadi siang aku ngerjain kamu. Hehehehe.. Woef Jou Sunshine. *kiss

==========================================================================================================

No comments:

Post a Comment